Hari Ini:

Sabtu 08 Dec 2018

Jam Buka Toko:

Pkl 08.00 - 16.00 WIB

Telpon:

0341-578742 & 0878 5909 2409

SMS/Whatsapp:

+6285259486600

BB Messenger:

5FBB67A6

Email:

info@LampionKu.com

Sejarah Damar Kurung, Lampion Tradisional Indonesia

13 Februari 2018 - Kategori Blog

Keberadaan Seni Hias Damar Kurung asal Gresik merupakan salah satu peninggalan dari seni budaya tradisional Jawa Timur, yang keberadaannya sudah hampir punah karena dianggap tidak praktis dan kurang ekonomis. Disamping itu, dengan adanya permintaan yang rendah akan produk-produk tradisional telah membawa dampak kepada terhentinya praktek kegiatan membuat barang-barang tradisional. Dengan adanya perhatian yang semakin kecil untuk mempertahankan dan mengembangkan keberadaannya. Oleh karena itu, diharapkan para pendukung seni untuk mengembangkan dan mengangkat seni rupa tradisi dan menekankan kepribadian bangsa untuk meningkatkan mutu produksi dalam pasar Wisata Internasional dengan cara mengembangkan identitas seni rupa Indonesia melalui ciri dan konsep tradisi.

Damar Kurung merupakan salah satu dari ikon Kota Gresik yang sekaligus sebagai souvenir lampu khas kota ini.Damar kurung dan Masmundari dijadikan asset berharga bagi Gresik, Pemerintah Kabupaten Gresik menjadikan damar kurung sebagai maskot kota, membuat tiruan damar kurung ukuran besar untuk lampu dan monumen kota, anak-anak pun digerakkan melukis gaya damar kurung, hingga akhirnya damar kurung identik menjadi ciri khas kota Gresik dan perefleksi budaya, sejarah, dan nilai-nilai kehidupan masyarakat Gresik.

Damar Kurung juga merupakan ikon kota yang tertua di Kota Gresik seperti yang tertulis pada buku Mocopat karena Damar kurung telah ada sejak zaman Pemerintahan Sunan Giri, Kolonial Belanda dan Jepang, hingga sekarang. Damar Kurung sendiri merupakan karya seni unik. Dalam pandangan seni rupa, lukisanlukisan nenek ini sedemikian unik. Ada yang menyebut bergaya naif, kekanakkanakan, dan dia melukis seperti meluncur begitu saja. Maka seorang perupa asal Gresik, Imang AW tertarik untuk mengangkatnya dalam khasanah lukisan pada umumnya. Masmundari diminta melukis dengan bahan dan alat melukis yang lebih bagus, melukis di atas selembar kertas, kemudian dibingkai sebagaimana lukisan pada umumnya. Maka jadilah lukisan gaya Masmundari yang menarik banyak kalangan dalam pameran di Jakarta dan hotel-hotel besar serta mendapat perhatian dari petinggi negeri termasuk Presiden RI.

Untuk pemesanan, Anda bisa menghubungi customer service kami di :

>> ORDER BANYAK ADA DISKON KHUSUS <<

Hubungi kami sekarang :
HP/WhatsApp : 0852 5948 6600 & 0878 5909 2409
Tlp.Kantor : +62 341-578742 (International & Indonesia)
Email : info@LampionKu.com

Alamat kantor & gudang :
PT. HILDAN FATHONI INDONESIA
Jl. Moch. Rasyid No.9 B, RT. 12 RW.03, Kelurahan Mulyorejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur – INDONESIA, Kode Pos 65147.

, , , , , , , , , , ,